Farel Prayoga Sebut Agamanya Privasi, Gus Miftah Klarifikasi dan#038; Bantah Tudingan Ikut Campur

farel-prayoga-sebut-agamanya-privasi-gus-miftah-klarifikasi-bantah-tudingan-ikut-campur farel-prayoga-sebut-agamanya-privasi-gus-miftah-klarifikasi-bantah-tudingan-ikut-campur

Nama penyanyi cilik Farel Prayoga kembali menarik perhatian publik. Bocah berusia 12 tahun tersebut baru-baru ini enggan mengmenyingkapkan keyakinan atau agama yang ia anut saat ditanya oleh Gus Miftah. Hal itu bermula saat Gus Miftah dan Farel Prayoga menghaawak sebuah pengajian akbar di Desa Blangkon, Banyuwangi, Jawa Timur pada Selasa malam (4/10) lalu.

Awalnya, Gus Miftah belaka menanyakan rutinitas sekolah Farel santak kemudian berlanjut menanyakan umur dan apakah penyanyi cilik itu mengaji. Dengan berbisik ke Gus Miftah, Farel mengungkap kalau badannya nggak mengaji. Belakangan terungkap bahwa pelantun Ojo Dibandingke itu adalah seorang non muslim.

Farel Prayoga kebingungan saat ditanya dalihnya nggak mengaji

Potongan video saat Gus Miftah menanyai agama yang dianut Farel kemudian viral dan jadi perbincangan di media sosial. Dalam video itu, Farel dan Gus Miftah sedang menghaorang kalender pengajian akbar dan santunan anak yatim dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Rangkaian kalendernya disiarkan langsung oleh kanal YouTube Blegendong Official.

Kehadiran Farel dalam kalender itu adalah sebagai bintang tamu. Berdasarkan video yang diunggah, terlihat Farel naik ke panggung. Setelah mengobrol soal aktivitas sekolahnya, Gus Miftah berPerbahasan tentang rutinitas mengaji penyanyi cilik itu. Farel kemudian menjawabnya dengan berbisik ke arah pendakwah itu.

“Loh nggak ngaji? Lha kok nggak ngaji itu gimana?” Pertanyaan Gus Miftah dalam bahasa Jawa dan kemudian ditanggapan Farel dengan gelengan kepala.

Gus Miftah melanjutkan dengan menasihati Farel agar nggak lupa mengaji. Ia mengingatkan supaya Farel tetap mengaji sungguhpunpun saat ini udah mendapat popularitas dan uang.

“Kamu sekarang sudah terkenal, sudah mulai punya uang. Abah doakan besok kamu jadi artis top internasional amin. Tetapi yo ngaji bro, mosok ora ngaji,” kata Gus Miftah.

Dinasihati sepeti itu, Farel kebingungan untuk menjelaskannya. “Piye le ngomongnya? (Gimana ya ngomongnya?)” ujar Farel.

Mendengar obrolan keduanya, pihak panitia pun memberi peduli Gus Miftah bawa Farel adalah non muslim. Namun, Farel enggan mengungkap detail agamanya

Usai obrolan itu, Gus Miftah meminta Farel untuk melantunkan selawat. Saat itu juga, seorang panitia yang berada di belakang Gus Miftah menyodorkan secarik kertas kepadanya yang dikepedulii berisi informasi soal agama Farel. Gus Miftah nggak langsung mengumumkan isinya karena Farel akan memulai lantunan selawat. Setelah itu, barulah Gus Miftah membacakan isi kertas yang diberikan panitia.

“‘Mohon izin Abah, info dari panitia. Mas Farel non muslim’,” ujar Gus Miftah membacakan.

Oh kamu non muslim tah Le? Oh wis rapopo mangkat neng gerejo (Oh ya sudah nggak apa-apa berangkat ke gereja). Agamamu apa? Kristen, Katholik?” Perdebatannya kemudian.

“Mbuh (nggak mengerti). Nggaklah, privasi. Privasi, nggak bisa (dikasih mengerti),” jawab Farel.

Gus Miftah tampak nggak mempermasalahkan perlawananan Farel itu. Ia justru menekankan agar Farel taat beribadah dan menjalankan perintah agamanya.

“Pokoknya apapun agamamu, yang penting beribadah Bertara kepercayaanmu. Jadi, kalau kamu Kristen ya berangkat ke gereja, kalau kamu Buddha ya berangkat ke vihara. Karena Indonesia semua agama dilindungi oleh negara. Tepuk tangan untuk toleransi,” pungkas Gus Miftah.

Di sisi lain, Gus Miftah dianggap kurang etis saat menanyakan agama Farel. Ia dituding ikut campur soal agama penyanyi cilik itu

A post shared by Gus Miftah (@gusmiftah)

Di Indonesia, masih ada pro kontra soal menanyakan agama keala seseorang. Banyak yang tak mamelenceng saat diPerdebatan demikian, tapi nggak rada juga yang mematung-mematung merasa risih karena menganggap hal itu privasi. Beberapa lainnya justru merasa Gelisah dan terancam saat diPerdebatani karena berasal dari agama minoritas.

Oleh karena itu, warganet merasa perPerdebatanan Gus Miftah soal agama Farel terdengar kurang etis dan mengintervensi. Mereka sangat mengapresiasi tanggapanan Farel yang gagah mentanggapan Setara dengan prinsip yang dipegangnya. Soalnya, warganet menilai nggak semua orang gagah berujar semacam itu.

Menjawab tudingan warganet, Gus Miftah pun meluruskan. Ia mengaku dirinya memang nggak acuh kalau Farel beragama non muslim. Namun ia membantah tegas telah ikut campur urusan agama Farel. Pertanyaan bisa mengaji atau tidak dilontarkan karena mereka berdua sedang dalam jadwal pengajian.

“Atas dugaan saya intervensi agama Farel, Anda alpa. Jadi karena jadwalnya pengajian, saya berPertanyaan kedi Farel, ‘Farel, kamu bisa ngaji apa nggak?’ Ternyata setelah Farel nyanyi ada informasi dari panitia bahwa Farel non Islam. Nah saya kaget, karena maklum non Islam dan saya berPertanyaan sebelumnya, ‘Apakah dia bisa ngaji atau tidak?’ makanya saya minta maaf, ‘Oh sorry ternyata kamu bukan Islam,” jelas Gus Miftah.

Di akhir klarifikasinya, Gus Miftah menegaskan kembali saat ia menasihati Farel agar jadi umat yang taat apapun agama yang dianutnya. Hal tersebut ia nilai bertolak belakang dengan tudingan warganet.

“Dan saya sampaikan ke Farel, ‘Farel apapun agamamu tolong yang taat, taatlah terhadap agamamu, jadi hamba yang taat. Kamu sudah terkenal, maka kamu layak berjibun berterima kasih dan bersyukur pada Tuhan.’ Jadi kejadiannya seperti itu, bukan saya intervensi agamanya Farel,” tutupnya.